SELAYANG PANDANG

YAYASAN PENDIDIKAN DAN KESEJAHTERAAN DESA

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Desa (YPKD) di dirikan pada 18 Agustus 2015.

SMK Plus Desa Nusantara adalah lembaga nirlaba, independen, yang digagas oleh pemuda Desa dan tokoh Desa di saat ekonomi melemah, harga kebutuhan naik dan hasil pertanian/perkebunan yang menurun banyak masyarakat yang kesulitan ekonomi, pelajar yang tidak mampu melajutkan kejenjang selanjutnya, Atas dasar keprihatinan dan kesadaran yang mendalam untuk meringankan beban masyarakat desa di sepakati di bentuk lembaga berdasarkan Notaris Abang Suparjo,S.H.,M.kn. Akta Pendirian Yayasan Pendidikan Dan Kesejahteraan Desa, No 07 Tanggal 18 agustus 2015 dan Keputusan Mentri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor. AHU-0011406.AH.01.04. TAHUN 2015, tanggal 20 Agustus 2015 berkedudukan di Desa Belagin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Setelah berkoordinasi dengan KODIM 1204 Sanggau, Dinas Perkebunan dan Peternakan dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perikanan, melihat potensi daerah luasnya perkebunan maka didirikan SMK Plus Desa Nusantara degan kompetensi keahlian agribisnis tanaman perkebunan dan peternakan, dengan semangat tinggi untuk dapat bersinergi menyumbangkan tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing untuk memasuki dunia Usaha / Dunia Industri.

Pendahuluan

SMK PDN Sanggau merupakan Sekolah yang diprakarsai KODIM 1204 Sanggau yang bernaung dibawah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Desa dan bersinergi dengan Dinas perkebunan dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hotlikultura, dan Perikanan serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Setelah melalui analisis Potensi daerah dan Kebutuhan Masyarakat Sanggau Khususnya serta Kalimantan Barat lebih luasnya maka SMK PDN pada tahun 2017 mulai operasional dengan membuka 2 jurusan yaitu Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) dan Agribisnis Ternak Unggas (ATU).

SMK PDN dengan segenap kemampuanya selalu mengevaluasi diri untuk mewujudkan Visi Sekolah yaitu Menjadikan lulusan SMK PDN yang “Berkarakter, Mandiri, dan Siap Kerja “. KARAKTER merupan sebuah sikap yang terus menerus dibiasakan sehingga menjadi cerminan yang melekat pada diri peserta didik, sehingga selanjutnya karakter tersebut akan di bawa pada dunia kerja ketika siswa tersebut sudah menyelesaikan sekolah.
MANDIRI merupakan salah satu bentuk karakter, Mandiri merupakan sebuah sikap kemampuan mengambil keputusan, perencanaan dan tindakan tanpa intervensi pihak lain. Kemampuan ini perlu dilatih agar peserta didik memiliki kemampuan bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajibannya, selanjutnya kemandirian akan sangat diperlukan peserta didik tersebut untuk menghadapi dunia Global yang penuh kompetisi.

SIAP KERJA merupakan ciri khas dari SMK PDN, SIAP kerja berarti peserta didik akan memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri. Pembelajaran terus menyesuaikan anatara kurikulum sekolah dan SOP Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Sehingga lulusan SMK PDN benar benar sesuai dengan kebutuhan Dunia Kerja.

SMK PDN telah memenuhi kebutuhan SDM terutama tenaga pengajar yang mencukupi kebutuhan pembelajaran, kualifikasi pendidikan pengajar juga sudah memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan, selanjutnya sekolah akan terus meningkatkan dan mengembangkan kemampuan tenaga pengajar. SMK PDN memiliki 8 (delapan) tenaga pendidik dengan klasifikasi Magister (S2) dan 16 tenaga pendidik dengan klasifikasi Strata satu (S1) dan 4 Staf TU.

Program – program SMK PDN telah dijalankan sebagai upaya merealisasikan visi dan misi sekolah, adapun program tersebut yaitu :
1) Bimbingan dan Pengasuhan (Binsuh), Pembinaan Karakter
2) Pendidikan Kesadaran Bela Negara
3) Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa
4) Group Projek
5) Sekolah Pencetak Kewirausahaan (SPW)
6) Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 6 bulan.