Kompetisi keahlian

“SMK Plus Desa Nusantara Sanggau, merupakan Pendidikan yang mengedepankan Pembagunan karakter, Mandiri dan Siap kerja diperuntukan   bagi kaderisasi  SDM  pedesaan, Yatim dan Dhuafa agar memiliki karakter, Skill, dan sehat secara Jasmani dan Rohani agar siap menghadapi persaingan di Era Globalisasi”

Mahathir Muhammad
Kepala Sekolah SMK Plus Desa Nusantara

Merupakan langkah strategis untuk mengatasi pengangguran terdidik, karena Ikhtiar dengan tujuan agar lulusannya dapat menjadi pekerja mandiri, pekerja di Industri Peternakan dan sektor pertanian lainnya yang saat ini banyak membutuhkan keahlian tersebut. Berdasar fakta yang ada posisi pekerja tersebut masih langka dan didominasi oleh lulusan perguruan tinggi.

SMK Plus Desa Nusantara memberanikan diri membuka jurusan dibidang Pertanian, Perkebunan dan Perternakan karena potensi wilayah pendukung yang sangat memungkinkan dibukanya Kompetensi Keahlian tersebut. Dengan dukungan dari berbagai sektor di awal kelahirannya mampu mempersembahkan akreditasi dengan nilai B.

Alat-alat praktek Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan , Agribisnis Ternak Ruminansia  dan Agribisnis Ternak Unggas sangat diperlukan untuk mendukung keberlangsungannya Kompetensi keahlian tersebut, oleh sebab itu sangat diharapkan kesediaan pemerintah maupun industri  memberikan dukungan dan Arahan guna kesuksesaan pengembangan kompetensi-kompetensi Keahlian di Sanggau  khususnya di SMK Plus Desa Nusantara..