Sejarah Sekolah

Sekolah Menegah Kejuruan Plus Desa Nusantara adalah Sekolah SMK yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Desa (YPKD) pada tanggal 18 Agustus 2015.

SMK PDN PKD Yayasan pendidikan dan kesejahteraan Desa adalah lembaga nirlaba, independen, yang digagas oleh pemuda Desa dan tokoh Desa di saat ekonomi melemah, harga kebutuhan naik dan hasil pertanian/perkebunan yang menurun banyak masyarakat yang kesulitan ekonomi, pelajar yang tidak mampu melajutkan kejenjang selanjutnya.

Atas dasar kesadaran yang mendalam dan untuk meringankan beban masyarakat desa di sepakati di bentuk lembaga berdasarkan Notaris Abang suparjo,S.H.,M.kn. Akta  Pendirian Yayasan Pendidikan Dan Kesejahteraan Desa, no 07 Tanggal 18 agustus  2015 dan  Keputusan Mentri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor.AHU-0011406.AH.01.04.TAHUN 2015 , tanggal 20 Agustus 2015 berkedudukan di Desa Belagin kecamatan Kapuas kabupaten sanggau Kalimantan Barat.

Setelah berkordinasi dengan Dandim Sanggau dan kadis pertanian, kadis perkebunan dan perternakan Sanggau dengan melihat potensi daerah luasnya perkebunan maka  didirikan SMK Plus Desa Nusantara dengan kompetensi keahlian agribisnis tanaman perkebunan dan peternakan, animo semangat tinggi dan dapat menyumbangkan tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing untuk memasuki dunia Usaha/ Dunia Industri.