Rohis SMK PDN Sanggau,Back to Masjid di Singkawang

Sanggau,Kapuasrayatoday.com-
Kegiatan di SMK PDN Sanggau di akhir tahun 2019 dan hari libur semester pertama,pelajar SMK mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yaitu Rohis di Singkawang selama lima hari,Rohis yaitu singkatan dari Rohani Islam merupakan sebuah organisasi guna memperdalam dan memperkuat ajaran Islam,Ketua Rohis SMK PDN Sanggau Agung Rajali Saputra menyampaikan melalui via telp/Wa,Selasa (31/12/2019).

Menurut Agung ketua Rohis,Fungsi Rohis sendiri adalah guna berbagi ilmu pengetahuan islam dalam bentuk forum, pengajaran, dakwah. dalam susunan Rohis layaknya OSIS, didalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing. Ekskul ini memiliki juga program kerja serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Rohis mampu membantu mengembangkan ilmu tentang Islam yang diajarkan di sekolah,Ucapnya.

Sejarah Rohis berdiri pada akhir tahun 1980-an, berawal dari sebuah upaya dan keinginan untuk memberikan solusi kepada para pelajar Muslim untuk menambah wawasan pengetahuan Islam, karena jam pelajaran di sekolah sangat terbatas sehingga Rohis sebagai wadah memperdalam agama Islam,Katanya.

Manfaat Rohis sendiri memiliki manfaat tersendiri untuk anggota yang mengikuti ekstrakurikuler yang berada di dalam sekolah tersebut, terutama mengajak kepada kebaikan dengan agenda-agenda yang bermanfaat, Rohis bukan sekadar ekskul biasa lebih dari itu Rohis adalah satu-satunya organisasi yang komplit dan menyeluruh,ilmu dunia dan ilmu akhirat dapat ditemukan di sini,himbaunya.

Rohis juga media pengajaran cara berorganisasi dengan baik, cara pembuatan proposal, bekerja sama dengan tim, dan pendewasaan diri karena dituntut untuk mengutamakan kepentingan kelompok atau jamaah di atas kepentingan pribadi,Ucapnya.

Tujuan Rohis SMK PDN Sanggau memiliki tujuan yaitu antara lain:
memberikan pembekalan kepada pengurus ROHIS SMK PDN Sanggau tentang manajemen pengelolaan organisasi, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas serta profesionalisme dalam melaksanakan program Rohis kedepannya,menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan rasa kepedulian sosial terbadap realitas yang berkembang, baik dilingkungan sekolah maupun di masyarakat dan sistem pemerintahan,

Pengetahuan,ketrampilan,kemampuan serta pengalaman dalam manajemen pengelolaan organisasi Rohis SMK.juga memberikan wawasan dan pengetahuan tentang hakikat redikalisme yang mengatasnamakan agama dan merumuskan langkah-langkah strategis untuk mencegah masuknya paham radikal dikalangan pengurus dan anggota Rohis SMK.Meningkatkan komitmen, kepedulian dan kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara.Mendekatkan diri kepada Allah Swt, taat beribadah dan memiliki akhlakul karimah terhadap Kbaliq dan sosial,pesan dari Ustadz Amir,Ustadz Faisal dan Ustadz Anas,kata Agung.

Salah satu contoh kegiatan rohis yaitu : PERKEMAHAN ROHIS  SMK TAHUN 2019 Tema “Rohis SMK PDN Back To Masjid”.
Pembelajaran Islam lewat metode kelompok setiap minggu.Pembelajaran Islam di alam terbuka.Perbaikan bacaan Alquran dengan tajwid aplikatif (tahsin).Penghafalan Alquran sehari 1ayat.Malam bina iman dan takwa (mabit).Baca tulis Alquran (BTA).Pelatihan motivasi untuk menyeimbangkan kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional.Kelompok belajar untuk mencetak muslim berprestasi,ucapnya.

Pesan Ustadz Amir juga adalah latar Belakang Pemuda Remaja islam adalah  gambaran masa  depan  islam,apabila baik pemudanya maka akan baik pula islam di dalamnya,beliau juga berpendapat, pemuda islam merupakan tumpuan umat,oleh karena itu existensinya  sangat diperlukan di masyarakat,himbaunya.

Oleh karena hal tersebut Remaja  Islam harus bisa ikut berperan penting  dalam  memajukan agama Islam, dengan  berdakwah  dalam berbagai hal melalui Organisasi  Rohis ini, sebagai generasi Islam selanjutnya harus bisa menciptakan generasi muda-mudi Islam yang tau benar tentang  agama,  mengenal  siapa Tuhan  mereka, mewujudkan  masyarakat  islami, mengenal Nabi & Rosul  kita  serta melaksanakan Sunah-sunah   beliau.Itulah  salah  satu  tujuan dibentuknya Organisasi Rohis di sekolah.

Rohis adalah Organisasi yang menghimpun  remaja muslim yang aktif dalam kegiatan keagamaan  untuk  maksud & tujuan  yang  sama yaitu untuk memajukan  agama  islam. Organisasi yang mempunyai  kepanjangan Rohani Islam ini juga beranggotakan generasi muda- mudi  yang realigius.Untuk membangun  generasi Remaja  Islam yang kreatif  serta agamis maka Organisasi Rohis ini sangat cocok untuk perkumpulan Remaja-remaja  Islam yang ingin mengembangkan bakat mereka di bidang agama khususnya dalam konteks keberagaman suku dan budaya yang berbeda.

Pengurus Rohis SMK PDN Sanggau merupakan pionir perubahan yang ditiru oleh para siswa karena dapat menyeimbangkan antara penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengamalan niai-nilai ajaran islam dalam kehidupan  sehari-hari. Sehingga membentuk kepribadian muslim yang representatif,berkesinambungan,sehingga syiar islam terus berkembang secara dinamis sesuai dengan perkembangan  zaman. ROHIS SMK  PDN Sanggau perIu juga dikembangkan kegiatan-kegiatan   keislaman dengan format  yang  lebih menarik, sehingga dapat menimbulkan antusias segenap civitas sekolah untuk mengikutinya.

Melihat  peran dan fungsi ROHIS yang demikian strategis dalam  pengembangan Pendidikan Agama Islam di SMK PDN Sanggau,untuk meningkatkan  pengetahuan,pemahaman,dan pengamalan ajaran Islam,juga meningkatkan  pengalaman kepemimpinan dalam kepengurusan yang mampu menggerakkan pihak-pihak lain dalam berorganisasi Islam di SMK PDN Sanggau untuk dapat mengharumkan syi’ar Islam di Bumi Daranante,Persoalan lain yang perlu diantisipasi oleh pengurus Rohis SMK adalah kemungkinan masuknya paham- paham radikal yang mengatasnamakan  agama,diharapkan  dengan semangat  rahmatan Lil ‘alamin mampu mewujudkan  wajah yang damai dan penuh kasih sayang,Ucapnya.

Penulis  : Cecep
Editor    : Tim Liputan

Related posts

Komentar